Mengembangkan Diri lewat Bisnis Moment

Mengembangkan Diri lewat Bisnis Moment

Mungkin Anda merasa tidak ambisius, tidak suka banyak berbicara. Mungkin Anda adalah tipe yang senang pasif di dalam forum, mengiyakan apapun keputusan rapat, menolak dijadikan pemimpin dalam suatu acara atau organisasi.

Sebaiknya Anda sadari bahwa di dunia ini kita hidup saling memimpin dan dipimpin. Adakalanya kita mendapat peran sebagai pemimpin, seperti orangtua yang memimpin (membimbing) anaknya dalam keluarga.

“Lalu apa yang harus saya lakukan untuk mengembangkan diri, agar bisa memimpin, agar bisa percaya diri?” Memang tidak semua orang punya bakat, tetapi bakat juga tidak ada artinya jika tidak pernah diasah. Nah melalui bisnis Moment, secara tidak langsung kita dilatih untuk terbiasa dengan hal ini.

Pertama: Bisnis Moment Melatih Komunikasi.

cara-berkomunikasi-yang-efektif

Komunikasi sudah dilakukan sejak lama, bahkan sebelum manusia purba mengenal bahasa dan tulisan. Komunikasi adalah hal yang paling mendasar dalam hubungan sosial antara manusia. Bayangkan jika kita menginginkan sesuatu tapi tidak bisa mengkomunikasikannya dengan baik. Gagal paham kan, akhirnya? Pada kasus-kasus tertentu salah paham dalam komunikasi bisa menjadi sangat berbahaya lho.

Nah dalam berbisnis Moment kita makin terbiasa berkomunikasi, Mempersiapkan poin-poin agar jelas tujuannya, berpikir sebelum bicara, jika perlu berlatih sebelum presentasi kepada orang lain.

Kedua: Bisnis Moment Melatih Tanggung Jawab

Pemimpin selalu punya tanggung jawab yang besar terhadap orang-orang yang dipimpinnya. Berani memimpin artinya berani bertanggung jawab. Bagaimana caranya? Kita harus sadar bahwa tanggung jawab adalah kewajiban, bukan sesuatu yang harus kita hindari suka atau tidak. Melakukan hal-hal kecil yang menjadi kewajiban kita adalah bentuk tanggung jawab juga, jika ada yang tidak beres jangan mudah membuat alasan, dan bila ketidakberesan tersebut melibatkan orang lain jangan segan untuk minta maaf.

Organisasi

Jika suatu saat kita harus bertanggung jawab atas sesuatu, jangan merasa sebagai korban, jangan balik menyalahkan orang lain, dan yang paling penting jangan mudah mengeluh. Mengeluh malah akan membuat tanggung jawab terasa berat. Bahkan jika tanggung jawab yang harus kita pikul bukan kesalahan kita sepenuhnya, terimalah bahwa di dunia ini ada hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan seutuhnya.

Dengan berbisnis Moment, Anda pun nantinya akan menjadi seorang leader. Disini kemampuan dalam bertanggungjawab, membimbing member agar sama-sama berhasil, makin terasah dengan baik.

Ketiga: Bisnis Moment Melatih Percaya Diri

percaya diri

Walaupun mungkin Anda memiliki tipe kepribadian yang introvert (tertutup), bukan berarti Anda harus menjadi anti sosial dan punya rasa percaya diri rendah. Ingat, rasa percaya diri tidak sama dengan sombong.

Dalam menjalankan bisnis Moment, rasa percaya diri meningkat sebab terbiasa berpikir positif. Intinya, jangan berpikir akan membuat kesalahan bahkan sebelum memulai sesuatu. Bukan cuma itu, Anda jadi akan berada di lingkungan orang-orang yang selalu mendukung Anda dalam hal positif. Jika sudah demikian, rasa percaya diri pun meningkat.

Ellyana
5ECDDDB0 / 0812 1550 0444

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *