Mengenal Kosmetik & Glutathion di Moment Glucogen Plus

Mengenal Kosmetik & Glutathion di Moment Glucogen Plus

Kulit putih alami adalah salah satu ikon kecantikan masa kini. Banyak orang berlomba-lomba memiliki kulit putih dengan berbagai cara. Mulai dari menggunakan bahan-bahan alami seperti masker buah, menggunakan kosmetik, atau perawatan ke dermatologis dengan biaya puluhan juta bak sosialita.

Sayangnya, orang yang memiliki obsesi berlebihan terhadap kulit putih tanpa diimbangi budget yang memadai kadang sering menggunakan cara instan, seperti kosmetik berbahan keras yang harganya murah namun menjanjikan kulit putih dalam waktu singkat. Padahal, jenis pemutih seperti itu jelas dilarang oleh BPOM karena efeknya yang berbahaya untuk kulit.

Bahan-bahan pada Kosmetik Berbahan Keras

ciri kosmetik amanSebagai langkah pencegahan, perlu diketahui bahan-bahan yang sering terdapat pada pemutih berbahan keras. Pertama adalah merkuri (Hg / air raksa), banyak digunakan sebagai bahan pemutih pada kosmetik. Merkuri adalah zat beracun yang memiliki sifat karsinogen. Kedua adalah hidrokinon (hydroquinone), zat yang larut dalam air dan banyak digunakan untuk bahan kosmetik selain merkuri. Umumnya hidrokinon digunakan untuk pewarna rambut, cat kuku, pernis, produksi cat, dan bahan bakar minyak. Ketiga, rhodamin B, yaitu zat pewarna sintetis yang biasa digunakan untuk industri tekstil dan kertas. Selain pada kosmetik rhodamin B juga sering disalahgunakan pada makanan. Keempat, retin A (asam retinoat/ tretinoin/ retinoic acid). Bahan ini dipercaya dapat menghambat pigmen melanin, namun tetap dikategorikan berbahaya karena memiliki efek teratogenik (menyebabkan janin dalam kandungan tumbuh abnormal).

Ciri-ciri Kosmetik Berbahan Keras

kosmetik ilegal

Pada saat membeli kosmetik, jangan sampai terjebak karena tidak punya pengetahuan dasar untuk mengenali karakteristik kosmetik/ pemutih yang aman dan tidak. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Pertama, kosmetik berbahan keras tidak memiliki izin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Kedua, memiliki bau wangi yang menyengat untuk menyamarkan bau logam. Ketiga, krim lengket dan kelihatan tidak bercampur rata. Keempat, terasa panas dan perih saat digunakan. Kelima, warna krim mengkilap. Keenam, kulit memerah saat terkena matahari. Ketujuh, kulit berwarna pucat keabuan, dan kedelapan, memiliki hasil yang instan serta menimbulkan ketergantungan.

Bahan-bahan yang Aman Digunakan pada Kosmetik

Jika Anda membeli kosmetik sempatkanlah melihat ingredients-nya. Ingat-ingat bahan yang tak boleh ada seperti merkuri atau hidrokinon. Bahan yang aman pada kosmetik adalah:

  • Asam Kojic dari Koji (jamur Jepang), untuk menghambat produksi enzim tyrosinase & pembentukan melanin.
  • Mullberry, diekstrak dari akar pohon mullberry
  • Alpha arbutin, lebih kuat dibandingkan beta arbutin. Merupakan alternatif yang aman dari hidrokinon
  • Beta arbutin (ekstrak Bearberry), berasal dari daun buah Berry seperti Bearberry, Cranberry, dan Blueberry. Walaupun berasal dari bahan alami namun bagi Anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya hati-hati karena dapat menimbulkan iritasi.
  • Akar Licorice, menghambat enzim tyrosinase dan mengandung anti radang untuk kulit terbakar matahari
  • Pepaya, kandungan enzim di dalamnya dapat mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit
  • Vitamin A, B3, dan C
  • Glutathion, sebagai antioksidan yang sangat kuat, sering disebut master antioksidan karena merupakan jenis yang paling bisa menangkal radikal bebas di antara antioksidan lainnya.

glutathioneSebagai info Glutathion mampu memperlambat pembentukan melanin, menghaluskan kulit, dan juga membantu detoksifikasi. Jika Anda ingin mencobanya, Anda bisa memperoleh manfaatnya pada Moment Glucogen Plus rasa apple maupun strawberry.

Ellyana
5ECDDDB0 / 0812 1550 0444

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *