6 Jenis Radikal Bebas dan Solusi Moment Glucogen Plus

6 Jenis Radikal Bebas dan Solusi Moment Glucogen Plus

Radikal bebas adalah molekul dengan elektron tidak berpasangan. Pada suatu sisi, radikal bebas memiliki kegunaan untuk membantu reaksi penting dalam tubuh kita terjadi dan dapat dimanfaatkan untuk memproduksi obat-obatan, plastik yang dirancang khusus, serta bahan inovatif lainnya.

Namun pada sisi yang lain, dalam pencarian mereka untuk menemukan elektron lain, mereka sangat reaktif dan menyebabkan kerusakan pada molekul sekitarnya. Radikal bebas yang mengancam manusia ternyata berada di mana-mana, bisa di luar (eksogen) atau di dalam tubuh (endogen). Eksogen yang berasal dari luar tubuh seperti polusi udara, radiasi UV, sinar-X, pestisida dan asap rokok. Radikal bebas endogen adalah radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh sendiri seperti autoksidasi, oksidasi enzimatik dan respiratory burst. Radikal bebas berkontribusi terhadap berbagai penyakit kronis dan penyakit degeratif seperti serangan jantung, alzeimer, stroke dan kanker.

Berikut ini jenis radikal bebas yang mengancam kesehatan manusia.

1. Asap Rokok

Oksidan dalam rokok mempunyai jumlah yang cukup untuk memainkan peranan yang besar terjadinya kerusakan saluran napas. Diperkirakan bahwa setiap hisapan rokok mempunyai bahan oksidan dalam jumlah yang sangat besar, meliputi aldehida, epoxida, peroxida, dan radikal bebas lain yang mungkin cukup berumur panjang dan bertahan hingga menyebabkan kerusakan alveoli paru. Bahan lain seperti nitrit oksida, radikal peroksil, dan radikal yang mengandung karbon ada dalam fase gas. Juga mengandung radikal lain yang relatif stabil dalam fase tar.

2. Polusi Udara

Polusi dari kendaraan bermotor, industri, asap rokok, mesin fotokopi, pendingin ruangan, dan makanan yang tidak sehat, merupakan sumber radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh manusia. Selain itu, proses alami respirasi dan fungsi metabolisme yang buruk di dalam tubuh, juga menjadi penyebab internal meningkatkan radikal bebas dalam tubuh.

radikal-bebas-23. Radiasi UV

Matahari memancarkan sinar dengan radiasi panjang gelombang dengan rentang yang sangat lebar, tetapi yang masuk ke bumi dan mendapat perhatian khusus adalah sinar ultraviolet yang memiliki energi cukup besar yang dapat memicu bahkan menimbulkan radikal bebas dalam tubuh terutama kulit.

4. Pestisida

Pestisida kimia merupakan bahan beracun yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Hal ini disebabkan pestisida bersifat polutan dan menyebarkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh seperti mutasi gen dan gangguan syaraf pusat. Disamping itu, residu kimia yang beracun tertinggal pada produk pertanian dapat memicu kerusakan sel, penuaan dini dan munculnya penyakit degeneratif.

5. Olahraga Berlebihan

Olahraga berlebihan akan membuat tubuh membutuhkan suplai oksigen yang sangat banyak, sehingga peningkatan ini akan memicu timbulnya radikal bebas dalam tubuh. Jika gaya olahraga semacam ini dilakukan dengan frekuensi yang sering, maka akan terjadi penumpukan radikal bebas dalam tubuh. Peningkatan pembentukan radikal bebas dalam aktivitas olahraga dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya yaitu oleh rusaknya jaringan otot akibat dari gerakan-gerakan yang bersifat eksposif. Olah raga dengan intesitas tinggi dan durasi lama ternyata juga terbukti dapat menimbulkan kerusakan pada sel, jaringan, dan organ tubuh.

6. Radiasi

Radioterapi memungkinkan terjadinya kerusakan jaringan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radiasi elektromagnetik (sinar X, sinar gamma) dan radiasi partikel (partikel elektron, photon, neutron, alfa, dan beta) menghasilkan radikal primer dengan cara memindahkan energinya pada komponen seluler seperti air. Radikal primer tersebut dapat mengalami reaksi sekunder bersama oksigen yang terurai atau bersama cairan seluler.

Cara Pencegahan dan PemulihanΒ dengan Moment Glucogen Plus

β€ͺradikal-bebas-3Glucogen Plus‬ dari Moment merupakan cara pencegahan dan pemulihan diri dari radikal bebas karena #GlucogenPlus ini mengandung apoptosis, apa itu apoptosis?

Apoptosis adalah proses penghancuran sel oleh tubuh. Memang proses ini secara alamiah sudah ada di tubuh kita sebagai rangkaian proses regenerasi pertumbuhan/perkembangan sel. Tetapi terkadang karena suatu hal seperti pola hidup yang tidak baik, radikal bebas yang banyak menyebabkan proses apoptosis (penghancurannya) lebih cepat daripada proses pertumbuhan/perkembangan sel. Sehingga jika proses penghancuran sel ini bisa dihambat, maka rangkaian proses regenerasi kembali menjadi seimbang, organ tubuh pun akan berfungsi lebih maksimal.

Ellyana
081 215 500 444
5ECDDDB0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *