Kenali, Toxic Shock Syndrome

Kenali, Toxic Shock Syndrome

Apa itu Toxic Shock Syndrome (TSS)?

TSS atau disebut pula Streptococcus Toxic Shock Syndrome adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri bernama Staphylococcus aureus dan Streptococcus pyogenes. Bakteri tersebut bisa mengeluarkan racun penyebab timbulnya gejala berupa demam tinggi, diare, muntah, nyeri otot, dan bahkan hipotensi (tekanan darah rendah) yang bisa mengakibatkan shock atau kematian.

Bakteri ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui luka atau infeksi. Selanjutnya, racun yang dilepaskan oleh bakteri akan masuk ke dalam aliran darah dan mengacaukan proses pengaturan tekanan darah. Bukan hanya itu, racun ini juga mampu menyerang otot serta organ dalam tubuh. Gagal ginjal adalah komplikasi yang paling umum terjadi akibat Toxic Shock Syndrome.

Apa Penyebabnya?

pusing

Berhubung bakteri masuk melalui luka, TSS bisa dialami oleh mereka menderita cedera, luka bakar, atau komplikasi dari infeksi lokal seperti bisul. Pada perempuan, TSS seringkali diasosiasikan dengan pemakaian tampon ketika menstruasi dan tidak mengganti pembalut tepat waktu. Pasalnya, pemakaian tampon yang dimasukkan ke dalam Miss V bisa menyebabkan timbulnya luka lecet dan iritasi pada dinding Miss V. Luka inilah yang kemudian menjadi ’gerbang’ masuknya bakteri.

Selain itu, tidak mengganti pembalut setidaknya setiap 4 jam, dapat meningkatkan kelembaban kulit di area Miss V, yang dapat menyebabkan infeksi yang terjadi karena kulit yang lembab kemudian terjadi luka terbuka, dan dimasuki bakteri. Luka kecil yang disebabkan iritasi karena kelembapan kulit yang meningkat jika terpapar oleh bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes, dapat memicu TSS ini.

Gejala TSS

Demam (suhu tubuh lebih dari 38ΒΊC), nyeri otot dan rasa lesu, diare, muntah-muntah, pusing hingga nyaris pingsan, luka atau ruam pada area kulit Miss V, nyeri tenggorokan, mata memerah.

Cara Menghindari TSS

    • Pastikan untuk mengganti pembalut paling lama setiap 4 jam.
    • Hindari penggunaan tampon.
    • Jika terjadi ruam atau luka iritasi ketika menstruasi, bersihkan luka, dan tutuplah dengan perban. Ganti perban setiap hari.
    • Pastikan luka tidak mengalami tanda infeksi seperti pembengkakan, nyeri, atau kemerahan.
    • Selalu menyimpan pembalut yang belum digunakan di dalam wadah bersih dan tertutup.
    • Pilihlah pembalut dari merk terpercaya dan sudah lolos quality control serta mempunyai No. Depkes sehingga terjamin higienitasnya seperti pembalut herbal Moment Softly. Karena pembalut herbal Moment Softly terbuat dari bahan-bahan yang alami dan aman. Kandungan borneol pada pembalut herbal Moment Softly dapat menyembuhkan infeksi serta bermanfaat sebagai anti bakteri.

moment softly

Jika gangguan berlanjut, jangan segan memeriksakan diri ke dokter. TSS adalah gangguan kesehatan yang mudah diatasi – jika sejak awal ditangani secara tepat – sehingga tidak menyebabkan gangguan reproduksi yang lebih serius.

Ellyana
081 215 500 444
5ECDDDB0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *