Waspadai Amenorea, Gangguan Menstruasi pada Wanita

Waspadai Amenorea, Gangguan Menstruasi pada Wanita

Apa itu Amenorea?

Setiap wanita pasti ingin merasakan yang namanya datang bulan tanpa masalah. Namun ada kalanya gangguan-gangguan pada saat menstruasi datang tanpa bisa dicegah. Contohnya adalah amenorea. Pernah dengar tentang gangguan ini?

Amenorea/amenore (bahasa Inggris: amenorrhea) ini didefinisikan sebagai absennya periode menstruasi pada wanita yang masih dalam usia produktif. Amenorea yang normal terjadi sebelum pubertas, selama masa kehamilan, saat menyusui, dan setelah menopause. Ketika memasuki masa itu, sangat wajar wanita tidak mengalami siklus bulanan atau siklus bulanan berhenti untuk sementara.

Jenis-jenis Amenorea

Ada dua macam amenorea, yang pertama amenorea primer dan kedua amenorea sekunder. Apa bedanya? Amenorea primer terjadi ketika seorang perempuan yang sudah berusia 14 tahun tidak segera datang bulan, dan bisa dikatakan belum matang pada usia 16 atau 17 tahun. Sedangkan amenorea sekunder terjadi ketika wanita yang produktif dan sudah pernah mengalami datang bulan namun berhenti selama sekitar tiga bulan berturut-turut, yang artinya ia melewatkan 3 kali periode menstruasi. Penderita amenorea sekunder bisa jadi mengalami menstruasi namun pendarahan yang muncul hanya sedikit.

Penderita amenorea sekunder lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan amenorea primer. Mengapa bisa terjadi amenorea?

Penyebab Amenorea

Gangguan menstruasi pada wanita ini bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  1. Adanya penyakit pada organ reproduksi seperti ovarium (indung telur) atau rahim (uterus). Misalnya saja fibrosis kistik, tumor ovarium, dan tumor adrenal.
  2. Penyakit seperti ginjal kronis, hipoglikemia, obesitas, dan kekurangan nutrisi atau malnutrisi.
  3. Gangguan pada produksi hormon akibat kelainan di otak, kelenjar hipofisis, kelenjar tiroid, kelenjar adrenal, ovarium (indung telur) atau bagian lain dari sistem reproduksi.
  4. Tindakan medis seperti pengangkatan rahim (hysterectomy) atau indung telur (ovarium).
  5. Penggunaan obat-obatan untuk penyakit kronis atau berhenti minum pil KB.
  6. Kelainan bawaan pada alat reproduksi.
  7. Penurunan berat badan yang drastis seperti diet berlebihan atau terkena penyakit anoreksia nervosa dan bulimia.
  8. Olahraga secara berlebihan

Cara Pencegahan

elly-pembalut-aman-semarang-moment

Bila Anda mengalami gangguan menstruasi seperti amenorea jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, sebab Anda tidak tahu apa yang mungkin terjadi pada tubuh Anda. Pada saat menstruasi atau datang bulan, konsumsilah makanan yang menyehatkan untuk mencegah terjadinya amenorea. Jangan lupa selalu jaga kebersihan dan gunakan pembalut yang aman seperti Moment Softly.

Penggunaan pembalut herbal Moment Softly bisa membantu meregulasikan periode menstruasi, mengurangi risiko penyakit pada organ reproduksi, dan mencegah nyeri. Dengan demikian Anda tak perlu cemas lagi karena sekarang Anda bisa menjalani periode datang bulan dengan lebih nyaman, aman, dan senang 🙂

Ellyana
081 215 500 444
5ECDDDB0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *